top of page

Gejala Awal Penyakit Dalam yang Sering Diabaikan

Apakah kalian pernah merasakan gejala yang tidak biasa pada tubuh? Namun, kalian sering mengabaikannya karena menganggap itu hanya masalah kecil yang akan sembuh dengan sendirinya? Jika iya, kalian harus lebih berhati-hati, terutama jika gejalanya berlangsung dalam waktu yang lama. Beberapa gejala awal penyakit dalam seringkali diabaikan, padahal bisa menjadi tanda serius dari masalah kesehatan yang lebih besar. Berikut adalah 5 gejala awal penyakit dalam yang sering diabaikan yang harus kalian ketahui.



Pengenalan tentang penyakit dalam

Penyakit dalam adalah sebuah kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi organ-organ vital di dalam tubuh kita, seperti paru-paru, jantung, hati, dan ginjal. Penyakit dalam sangat berbahaya dan dapat memicu gejala yang serius. Tak heran, pengobatan intensif sangat dibutuhkan dalam mengatasi penyakit ini.

Oleh karena itu, perlu kita pelajari lebih lanjut tentang penyakit dalam dan bagaimana cara mencegahnya agar kita dapat terhindar dari bahaya yang diakibatkannya, dimulai dari mengetahui gejala-gejala penyakit dalam seperti berikut:



penyakit dalam

Gejala Awal Penyakit Dalam

Gejala penyakit dalam bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis penyakit dan organ yang terkena. Namun, beberapa gejala umum yang mungkin muncul pada penyakit dalam yaitu:

  • demam

  • kelelahan

  • penurunan berat badan yang tidak wajar

  • nyeri pada bagian tubuh tertentu, dan

  • kesulitan bernapas.

Selain itu, gejala penyakit dalam yang mempengaruhi organ tertentu juga dapat menimbulkan ciri-ciri khas, misalnya

  • nyeri dada dan sesak napas pada penyakit jantung, atau

  • nyeri perut dan mual pada penyakit hati.


Mengapa Gejala Awal Sering Diabaikan

Banyak orang sering mengabaikan gejala awal penyakit dalam karena merasa bahwa gejala tersebut tidak terlalu serius atau tidak berbahaya, kurangnya pengetahuan tentang kondisi kesehatan tersebut, atau yang lebih sering yaitu gejala awal penyakit dalam yang disalahartikan sebagai gejala dari penyakit lain yang lebih umum, seperti flu atau masuk angin.

Oleh karena itu, edukasi tentang penyakit dalam dan gejalanya sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kondisi kesehatan tersebut.



penyakit dalam


Tindakan Pencegahan dan Perawatan

Agar terhindar dari penyakit dalam, sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan sejak dini. Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan meliputi:

  • menjaga pola makan yang sehat dan seimbang

  • penuhi asupan nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, dan omega-3 yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan pada organ dalam

  • rutin berolahraga

  • menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol

  • menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Selain itu, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin juga sangat penting untuk mendeteksi penyakit dalam pada tahap awal sehingga dapat segera dilakukan tindakan pengobatan yang tepat. Jangan abaikan gejala-gejala yang muncul dan segera konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam jika merasa ada yang tidak beres pada tubuh kita.


RS Darmo siap membantu Anda untuk mendiagnosis dan memberikan perawatan yang tepat untuk berbagai macam penyakit dalam. Dengan tim medis yang terampil dan peralatan medis yang modern, dokter spesialis penyakit dalam RS Darmo siap memberikan perawatan terbaik bagi Anda maupun keluarga.


Hubungi RS Darmo melalui kontak berikut:

Alamat: Jl. Raya Darmo 90 Surabaya

Tel: 031-5676253 - 6



ความคิดเห็น


bottom of page