top of page

Merasa Tidak Nyaman di Ginjal, Jantung, Atau Organ Dalam Lain? Simak Penyakit Dalam & Gejalanya.


penyakit dalam

Penyakit dalam adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada spesialis penyakit dan kondisi medis yang mempengaruhi organ dalam orang dewasa. Ada berbagai macam penyakit yang termasuk dalam kategori penyakit dalam, apa saja itu? Berikut di antaranya.


1. Kardiovaskuler


Kardiovaskuler adalah kondisi penyakit yang disebabkan oleh masalah jantung dan pembuluh darah. Faktor penyebab penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, jarang olahraga, merokok, dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Yang termasuk golongan penyakit jantung atau kardiovaskuler meliputi:


• Stroke

Stroke adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang membuat peredaran darah ke otak menjadi terganggu. Tanpa suplai darah dan nutrisi yang cukup, sel-sel di otak akan rusak akibat kekurangan oksigen.

Gejala awal penderita stroke adalah mual dan muntah, sakit kepala hebat yang datang secara tiba-tiba, disertai kaku pada leher dan pusing seperti berputar (vertigo), penurunan kesadaran, sulit menelan (disfagia), gangguan keseimbangan, dan mengalami hilang penglihatan secara tiba-tiba atau penglihatan ganda.


• Aritmia

Aritmia adalah suatu masalah kesehatan di mana detak jantung tidak bekerja secara normal, seperti terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur. Dapat dikatakan bahwa aritmia terjadi ketika sinyal elektrik yang mengontrol detak jantung tidak berfungsi dengan baik.

Ciri-ciri orang yang mengidap penyakit aritmia adalah jantung berdetak lebih cepat atau lebih lambat dari normal, pusing, pingsan, cepat lelah, sesak napas, dan nyeri dada.


• Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah kondisi di mana terjadinya penumpukan plak di arteri koroner. Penumpukan plak ini menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga pasokan darah menuju ke jantung menjadi berkurang.

Penyakit dalam ini ditandai dengan nyeri dada yang menjalar ke leher, rahang, bahu, tangan kiri, punggung, dan perut. Gejala lain yaitu keringat dingin, mual, muntah, mudah lelah, dan irama denyut jantung tidak stabil.


• Trombosis Vena Dalam

Trombosis vena dalam adalah jenis penyakit yang terjadi akibat adanya gumpalan darah di pembuluh vena. Penyakit ini biasa terjadi di bagian paha dan betis, hingga ke paru-paru.

Gejala untuk penyakit ini adalah rasa hangat, bengkak, da kram pada tungkai atau betis, nyeri saat menekuk kaki, dan perubahan warna kaki menjadi lebih pucat, merah, atau gelap.


• Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan gangguan yang terjadi pada otot jantung. Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti gagal jantung, pembekuan darah, serangan jantung, dan gangguan katup jantung.

2. Alergi Imunologi

Alergi imunologi merupakan ilmu penyakit yang berfokus menangani alergi, asma, dan gangguan imunitas tubuh. Adapun penyakit yang ditangani adalah:


• Alergi Obat

Beberapa orang dapat mengalami alergi dengan obat tertentu. Gejala yang dirasakan pada penderita biasanya berupa gatal-gatal dan menimbulkan ruam pada kulit, demam, pembengkakan, mata gatal, hingga sesak napas.


• Alergi Makanan

Alergi makanan adalah suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menganggap zat pada makanan merupakan sesuatu yang berbahaya. Gejala untuk penyakit ini umumnya berupa sakit perut, mual, muntah, diare, gatal, dan sesak napas.


• Sinusitis

Contoh penyakit alergi imunologi selanjutnya adalah sinusitis, yaitu kondisi di mana terjadinya infeksi saluran atau rongga hidung. Gejala yang dialami berupa pilek berkepanjangan, batuk, demam, dan ingus yang berwarna hijau.


• Eksim Atopik

Penyakit ini biasa terjadi pada bayi, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa. Gejala mengidap penyakit ini ditandai dengan gatal-gatal dan kulit kering serta bersisik pada kulit.


3. Geriatri

Geriatri adalah bidang kedokteran yang berkaitan dengan perawatan, diagnosis, dan pencegahan penyakit yang berkaitan dengan orang lanjut usia. Adapun penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis geriatri juga bermacam-macam, seperti radang sendi, demensia, penyakit jantung, dan diabetes. Segera periksakan ke dokter spesialis penyakit geriatri apabila anggota keluarga Anda dalam kondisi lansia yang rentan terkena penyakit atau memiliki penyakit yang kompleks.


penyakit dalam

4. Ginjal dan Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah jenis penyakit yang dapat merusak berbagai anggota tubuh, salah satunya adalah ginjal. Hipertensi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di ginjal yang membuat aliran nutrisi ke ginjal terganggu dan mengakibatkan sel-sel ginjal akan rusak.


Gejala hipertensi yang beresiko menjadi gagal ginjal yaitu berkurangnya jumlah urin, kesulitan buang air kecil atau lebih sering buang air kecil, edema atau retensi cairan yang ditandai dengan pembekakan terutama pada tungkai bawah.

5. Hematologi Onkologi Medik

Hematologi onkologi medik adalah ilmu penyakit yang berfokus pada penyakit dalam yang berkaitan dengan gangguan atau kelainan pada darah. Golongan penyakit yang termasuk pada hematologi onkologi medik yaitu:

  • Kelainan hematologi: Anemia, leukopenia, trombositopenia atau kedua atau ketiga kelainan/pansItopenia, gangguan darah turunan, hemofilia, thalassemia, pengentalan darah, polisitemia vera, dan trombositosis.

  • Kanker darah, leukemia, multiple myeloma.

  • Kanker kelenjar getah bening, limfoma Hodgkin dan limfoma non Hodgkin.

  • Kanker organ Padat seperti usus, payudara, leher, rahim, paru, prostat, tulang, otot dan lainnya.

Segera konsultasikan pada dokter spesialis penyakit hematologi onkologi medik untuk diagnosis penyakit lebih lanjut apabila mengalami gejala seperti:

  • Lemas, lesu, pucat, demam, menggigil, keringat malam, nafsu makan turun, menderita penyakit menular, mimisan, lebam atau bintik bintik merah di kulit, mual, muntah, diare, berat badan turun, pembesaran kelenjar getah bening tidak nyeri di leher, ketiak atau selangkangan, batuk dan nyeri dada.

  • Terdapat benjolan di organ seperti payudara, tulang, otot, perut, leher. Penurunan berat badan, nafsu makan menurun, nyeri, batuk darah, mimisan, bab berdarah, atau urine berdarah.


penyakit dalam

Penyakit dalam dapat segera ditangani apabila penderita segera mengkonsultasikan pada dokter spesialis penyakit yang terkait. Diagnosa penyakit secara dini dapat mencegah perkembangan penyakit menjadi lebih serus dan penderita juga dapat pulih lebih cepat.

Anda bisa mengonsultasikan berbagai masalah kesehatan seputar penyakit dalam kepada dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Darmo. Kami akan dengan sepenuh hati melayani dan memberikan penanganan maksimal untuk Anda atau keluarga.

Hubungi dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Darmo melalui kontak berikut:

https://www.rsdarmo.co.id/kontak


Jl. Raya Darmo 90 Surabaya

Tel: 031-5676253 - 6 Fax: 031-5620690

11 tampilan
bottom of page