top of page

Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Dalam

Penyakit dalam adalah kondisi kesehatan yang melibatkan organ-organ dalam tubuh. Meskipun penyakit ini sangat umum, namun banyak mitos yang berkembang seputar kondisi ini. Mitos-mitos ini dapat memengaruhi persepsi dan pemahaman kita tentang penyakit dalam. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa mitos dan fakta seputar penyakit dalam yang perlu Anda ketahui.



penyakit dalam


Penyakit dalam hanya menyerang orang tua

Mitos yang pertama tentang penyakit dalam adalah bahwa hanya orang tua saja yang rentan terkena penyakit ini. Faktanya, penyakit dalam dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia. Meskipun memang benar bahwa risiko terkena beberapa jenis penyakit dalam meningkat seiring bertambahnya usia, namun hal ini tidak berarti bahwa orang muda tidak dapat terkena penyakit dalam. Beberapa jenis penyakit dalam, seperti penyakit organ hati dan ginjal, bahkan lebih sering terjadi pada orang dewasa atau orang yang lebih muda.


Penyakit dalam selalu menimbulkan gejala yang jelas

Mitos yang kedua tentang penyakit dalam adalah bahwa penyakit ini selalu menimbulkan gejala yang jelas dan mudah terlihat. Faktanya, beberapa jenis penyakit dalam tidak menimbulkan gejala atau gangguan sama sekali, atau gejala yang muncul sangat ringan sehingga sulit untuk dideteksi. Sebagai contoh, penyakit hati seringkali tidak menimbulkan gejala yang jelas pada tahap awal, sehingga sulit untuk didiagnosis tanpa pemeriksaan khusus. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter spesialis penyakit dalam secara rutin untuk diagnosis penyakit sejak dini, terlepas dari adanya gejala atau tidak.


Penyakit dalam tidak dapat dicegah

Mitos yang ketiga tentang penyakit dalam adalah bahwa penyakit ini tidak dapat dicegah dan hanya bisa diobati setelah terjadi. Faktanya, banyak jenis penyakit dalam yang dapat dicegah dengan cara memperbaiki sistem kekebalan tubuh melalui perubahan gaya hidup yang sehat dan teratur, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, olahraga secara teratur, menghindari alkohol dan merokok, serta menghindari paparan zat berbahaya. Beberapa jenis penyakit dalam bahkan dapat dicegah melalui vaksinasi, seperti hepatitis A dan B. Dengan melakukan pencegahan sejak dini, risiko terkena penyakit dalam dapat ditekan, sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.


Penyakit dalam selalu diobati dengan obat-obatan

Mitos yang keempat tentang penyakit dalam adalah bahwa penyakit ini selalu diobati dengan obat-obatan. Faktanya, meskipun obat-obatan sering digunakan untuk mengobati penyakit dalam, namun cara ini bukanlah satu-satunya yang dapat dilakukan. Beberapa jenis penyakit dalam, seperti penyakit pada sistem pencernaan dan organ hati, membutuhkan pengobatan dengan cara lain, seperti diet khusus atau perawatan medis yang intensif. Selain itu, dalam beberapa kasus, pengobatan penyakit dalam juga melibatkan intervensi bedah atau pengobatan alternatif, seperti akupunktur atau terapi fisik. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk menentukan jenis pengobatan yang terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan yang dialami.


Jika seseorang terkena penyakit dalam, maka dia harus dirawat di rumah sakit

Mitos yang terakhir tentang penyakit dalam adalah bahwa jika seseorang terkena penyakit dalam, maka dia harus dirawat di rumah sakit. Faktanya, tidak semua jenis penyakit dalam membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Beberapa jenis penyakit dalam dapat diobati dan diatasi melalui pengobatan jangka pendek atau pengobatan yang dilakukan secara poliklinik. Namun, pada beberapa kasus penyakit dalam yang parah atau kronis, mungkin memerlukan perawatan intensif di rumah sakit untuk mengatasi gejala atau komplikasi yang terjadi. Maka dari itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis pengobatan yang dibutuhkan dan apakah perlu dirawat di rumah sakit atau tidak.



Segera konsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam RS Darmo apabila ada tanda mengalami penyakit dalam, dengan cara menghubungi kontak berikut:


Alamat: Jl. Raya Darmo 90 Surabaya


Tel: 031-5676253 - 6




Comentários


bottom of page