top of page

Penangan ACL (Anterior Cruciate Ligament)



ACL (Anterior Cruciate Ligament) adalah merupakan ligamen yang menghubungkan antara tulang paha dan tulang kering pada sendi lutut. ACL sendiri berfungsi untuk mencegah pergeseran berlebih tulang kering ke depan tulang paha dan menjaga stabilitas rotasional lutut.


Pengobatan pada ACL bisa dilakukan dengan atau tidak operasi, hal ini sangat bergantung dengan kebutuhan pasien dan juga keparahan kondisi pasien. Akan tetapi, perlu pemeriksaan oleh dokter spesialis bedah tulang untuk memastikan kondisi dan penanganan yang tepat.

Berikut adalah pengangan ACL :

  1. Penanganan Non-bedah Penanganan ACL non-bedah tidak dapat menyembuhkan ACL yang robek, akan tetapi dapat dipilih untuk orang dengan aktivitas fisik yang rendah seperti pada usia tua. Pilihan penanganan non-bedah antara lain : - Knee Brace (Penyanggah lutut) : Knee brace digunakan untuk menambah stabilitas sendi lutut. Kemudian, Anda dapat menggunakan kruk untuk mengurangi beban pada lutut yang cidera. - Terapi fisik: Latihan fisik tertentu dapat meningkatkan fungsi lutut dan menguatkan otot tungkai yang ikut menyokong sendi lutut. Latihan ini dapat dimulai setelah bengkak dan nyeri berkurang.

  2. Penanganan Bedah Penangan bedah ditunjukan untuk cedera ACL yang memiliki dampak pada gangguan stabilitas lutut yang dapat menyebabkan kerusakan lutut lebih lanjut, misal kerusakan pada kartilago dan bantalan sendi lutut (meniscus)


Segera konsultasikan ke dokter SpOT



bottom of page