Penyakit Jantung - Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Diperbarui: 29 Sep

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia. Perannya berfungsi sebagai pemompa aliran darah ke seluruh tubuh yang membuat seluruh sistem dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Sebagai organ penting, jantung tidak lepas dari gangguan yang bisa memiliki dampak besar pada tubuh apabila kesehatannya tidak dijaga.



Tentang Penyakit Jantung


Penyakit jantung merupakan kondisi di mana jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguannya ada bermacam-macam, bisa berupa gangguan pada katup jantung, pembuluh darah jantung, atau otot jantung. Penyebab penyakit jantung juga dapat berasal dari infeksi atau kelainan lahir.

Lalu, apa saja penyakit jantung dan mengapa dapat terjadi pada manusia? Berikut jenis-jenis penyakit jantung dan berbagai penyebabnya:


Jenis Penyakit Jantung

  1. Aterosklerosis: Kolesterol yang mengakibatkan penumpukan plak pada pembuluh jantung yang mengakibatkan peradangan ringan pada pembuluh tersebut.

  2. Jantung koroner: Penumpukan plak pada satu atau lebih pembuluh darah arteri yang membuat aliran darah jadi tidak lancar.

  3. Aritmia: Kelainan jantung yang ditandai dengan detak atau ritme yang tidak normal, di mana detak jantung bisa menjadi terlalu cepat, terlalu pelan, atau tidak teratur.

  4. Kelainan jantung kongenital atau cacat jantung bawaan: Kondisi struktur jantung yang tidak sempurna ketika seseorang masih berada di dalam kandungan.

  5. Endokarditis: Infeksi yang mempengaruhi membran pada bagian ruang dalam dan katup jantung. Orang yang memiliki penyakit jantung bawaan beresiko tinggi mengalami kondisi ini.

  6. Penyakit katup jantung: Kerusakan jantung akibat penyempitan, kebocoran, ataupun penutupan yang tidak sempurna pada katup jantung.


Penyebab Penyakit Jantung


1. Kolesterol Tinggi

Tingginya kolesterol jahat yang berada di dalam darah akan menumpuk di dinding arteri, sehingga dapat menimbulkan plak yang bisa menyebabkan arteri menjadi kaku dan pembuluh darah semakin menyempit.


2. Keturunan

Keturunan atau riwayat keluarga dapat menjadi faktor penyakit jantung yang tidak bisa dihindari. Sangat penting mengetahui riwayat kesehatan keluarga karena dapat membantu untuk menghindari penyakit jantung. Jika Anda memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit jantung, artinya Anda harus lebih menjaga dan melakukan pola hidup sehat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung.


3. Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan dengan wanita. Namun, setelah memasuki masa usia lanjut, wanita bisa lebih beresiko mengalami penyakit jantung dibanding pria. Hal ini dikarenakan bahwa saat berada pada fase menopause, hormon estrogen yang melindungi wanita dari penyempitan dan kerusakan pembuluh darah akan menurun secara drastis.


4. Usia

Resiko penyakit jantung meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada umumnya, resiko yang lebih besar terjadi ketika usia telah mencapai 40 tahun.


5. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memegang peran besar terhadap terjadinya serangan jantung. Penyakit hipertensi dapat memaksa jantung bekerja lebih keras untuk menyebarkan atau mensirkulasikan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, pemompaan darah di jantung menjadi tidak efisien dan menyebabkan kerusakan jantung.


8. Diabetes mellitus

Kadar gula yang tinggi di dalam darah bisa memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.


9. Stres

Stres berlebihan dan berkelanjutan bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya produksi hormon andrenalin dan zat katekolamin di dalam tubuh.


10. Obesitas

Obesitas bisa mempengaruhi kadar lipid plasma yang cenderung memperberat proses aterosklerosis, sehingga pembuluh darah bisa menyempit akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.



Agar terhindar dari penyakit atau serangan jantung, Anda dapat menghindari faktor-faktor penyebabnya dengan melakukan pola hidup sehat seperti:

  • Tidak merokok

  • Berolahraga rutin

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi, sehat, lengkap dan seimbang

  • Memeriksakan diri ke dokter secara berkala, terutama bila memiliki penyakit yang meningkatkan resiko serangan jantung, seperti tekanan darah tinggi.

Apabila terjadi serangan jantung, segera untuk menghubungi pusat kesehatan terdekat. Rumah Sakit Darmo menyediakan Layanan Gawat Darurat dan Layanan Kardiologi yang dapat menjadi solusi apabila Anda atau orang sekitar Anda mengalami serangan jantung atau penyakit jantung.

Hubungi nomor whatsapp Darmo Medical Center berikut untuk berkonsultasi mengenai keluhan kesehatan Anda dan keluarga: 0896-3009-8900


#rumahsakit #rumahsakitsurabaya #rumahsakitterbaik #rumahsakitterbaikdisurabaya #rumahsakitjantungterbaikdisurabaya #tipskesehatan #jantung #penyakitjantung #jantungkoroner

34 tampilan