top of page

Hari Kebersihan Tangan Sedunia: Menjaga Kesehatan Bersama

PENTINGNYA CUCI TANGAN YANG BENAR

KOMITE PPI RS DARMO SURABAYA

 

Hari Kebersihan Tangan Sedunia adalah momen penting dalam kalender kesehatan global. Diperingati setiap tanggal 5 Mei, acara ini bertujuan untuk menyatukan masyarakat di seluruh dunia dalam upaya meningkatkan kesadaran akan standar kebersihan tangan terutama di fasilitas kesehatan. Tujuannya sederhana namun krusial: melindungi petugas kesehatan, pasien, dan pengunjung dari penularan infeksi yang dapat membahayakan nyawa.

Tangan merupakan perantara tercepat dalam menyebarkan mikroorganisme penyebab infeksi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan menjadi langkah penting dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran penyakit. Dengan mencuci tangan secara benar, kita dapat mengurangi risiko dengan mencegah terkena dan mengendalikan Infeksi terkait layanan kesehatan (HAIs). HAIs (Healthcare Associated Infection) sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyebaran mikroorganisme, dan bisa menjadi lebih kompleks dengan adanya resistensi antibiotik.




Untuk mencegah dan mengendalikan Infeksi di Rumah Sakit Darmo, Rumah Sakit Darmo  membentuk  Komite Pencegahan dan pengendalian infeksi  yang memiliki tugas melalukan pemantauan terhadap kejadian HAIs. Tidak hanya itu, para profesional Pencegahan dan Pengendalian Infeksi juga secara aktif memberikan edukasi dan pelatihan kepada seluruh staf, pasien, pengunjung, dan masyarakat umum tentang pentingnya standar praktek Pencegahan dan Pengendalian Infeksi yang harus diterapkan.

Kebersihan tangan adalah bagian integral dari standar pencegahan (standard precaution) yang harus dijalankan oleh seluruh staf di fasilitas pelayanan kesehatan. Namun, dalam praktiknya, perawat dan petugas Pencegahan dan Pengendalian Infeksi sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan tingkat kepatuhan pasien maupun staf terhadap praktik kebersihan tangan.

Pada peringatan Hand Hygiene Day 2024, WHO memfokuskan pada kegiatan promosi kebersihan tangan dengan tema "Promoting knowledge and capacity building of health and care worker through innovative and impactful training and education, on infection prevention and control including hand hygiene". Pengetahuan yang tepat tentang kebersihan tangan menjadi kunci utama, karena tindakan sederhana ini, jika dilakukan dengan benar dan pada waktu yang tepat, dapat menghambat penyebaran infeksi.

Melalui kegiatan edukasi tentang cuci tangan kepada seluruh staf, pasien, dan pengunjung, Rumah Sakit Darmo bertekad meningkatkan budaya keselamatan serta mendukung Motto RS Darmo yaitu "Salus Aegroty Suprema Lex Est" (Menyelamatkan Penderita adalah Kewajiban Utama), menjadi landasan bagi upaya mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.


Pentingnya Mencuci Tangan di Fasilitas Kesehatan

Di fasilitas kesehatan, terdapat lima momen penting dalam mencuci tangan:

  1. Sebelum Kontak dengan Pasien

  2. Sebelum Melaksanakan Tindakan Aseptik

  3. Setelah Kontak dengan Cairan Tubuh Pasien

  4. Setelah Kontak dengan Pasien

  5. Setelah Kontak dengan Lingkungan Pasien

Penerapan lima momen ini secara konsisten akan membantu melindungi pasien, tenaga kesehatan, dan pengunjung dari risiko infeksi.


Kapan Kita Harus Cuci Tangan?

Bagaimana dengan masyarakat umum? Kapan sebaiknya mereka mencuci tangan?

  1. Sebelum dan Sesudah Menyiapkan dan Memakan Makanan

  2. Sebelum dan Sesudah Merawat Orang yang Sakit

  3. Sebelum dan Sesudah Memberikan Perawatan Luka

  4. Sebelum dan Sesudah Menggunakan Toilet

  5. Setelah Menangani Hewan Peliharaan, Pakan Ternak, atau Limbah

  6. Setelah Bersentuhan dengan Sampah

  7. Setelah Bersin atau Batuk

  8. Setelah Menggunakan dan Berkunjung ke Fasilitas Umum

Dengan melakukan tindakan sederhana seperti mencuci tangan dengan benar, kita semua dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain di sekitar kita. Mari jaga kebersihan tangan kita, karena kebersihan tangan adalah kunci utama untuk mencegah penyebaran infeksi dan memastikan kesehatan kita bersama.

 

“LINDUNGI DIRI ANDA  DENGAN CUCI TANGAN, HIDUP SEHAT BEBAS KUMAN”


 Oleh : Ns. Putu Karleni, S.Pd.,S.Kep.,MM.,FISQua

 Infection Prevention Control Nurse

Comentários


bottom of page