top of page

Pentingnya Premarital Check Up untuk Kesehatan Pernikahan



Pentingnya premarital check up

Menikah adalah momen penting dan berharga dalam hidup, sebagai langkah awal untuk memulai kehidupan berkeluarga yang sehat, premarital check up atau pemeriksaan pranikah menjadi penting dilakukan sebagai rangkaian tes medis sebelum pernikahan untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing pasangan. Pemeriksaan ini mencakup berbagai tes seperti deteksi penyakit menular, kondisi genetik, dan persiapan kehamilan. Yuk, kita bahas lebih dalam tentang pentingnya premarital check up dan apa saja jenis pemeriksaan yang dilakukan.


Apa Itu Premarital Check Up?

Premarital check up adalah serangkaian pemeriksaan medis yang dilakukan oleh pasangan sebelum menikah. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing pasangan dan mengidentifikasi kemungkinan adanya penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan pasangan atau anak di masa depan. Pemeriksaan ini mencakup berbagai tes, mulai dari tes darah hingga pemeriksaan genetik.


Mengapa Premarital Check Up Penting?


Cegah penyakit menular melalui premarital check up

1. Deteksi Dini Penyakit

Premarital check up membantu mendeteksi dini adanya penyakit yang mungkin tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Dengan mengetahui lebih awal, pengobatan dapat dilakukan sebelum penyakit berkembang lebih parah.


2. Pencegahan Penyakit Menular

Pemeriksaan ini juga sangat penting untuk mencegah penularan penyakit menular antara pasangan. Beberapa penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV, sifilis, dan hepatitis dapat dideteksi dan diobati sebelum menikah.


3. Persiapan Kehamilan

Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, premarital check up membantu memastikan bahwa tubuh dalam kondisi optimal untuk hamil. Pemeriksaan ini dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kehamilan dan memberikan solusi yang tepat.


4. Pencegahan Komplikasi Kehamilan

Dengan mengetahui kondisi kesehatan sebelum menikah, pasangan dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah komplikasi selama kehamilan. Misalnya, jika ditemukan adanya risiko anemia atau diabetes, perawatan dapat dilakukan lebih awal untuk mengurangi risiko komplikasi.


Kesimpulan

Pentingnya melakukan Premarital check up untuk memastikan kesehatan pasangan sebelum menikah. Dapatkan penawaran spesial paket premarital check up bersama Rumah Sakit Darmo Surabaya. Dengan melakukan pemeriksaan ini, kamu dapat mendeteksi dini adanya penyakit, mencegah penularan penyakit menular, mempersiapkan kehamilan, dan mencegah komplikasi selama kehamilan. Jangan ragu untuk melakukan premarital check up demi kesehatan kamu dan pasangan.


CTA: Baca artikel kami yang lebih mendalam tentang prosedur Pemeriksaan Penting dalam Premarital Check Up https://www.rsdarmo.co.id/post/panduan-lengkap-pemeriksaan-premarital-check-up-untuk-calon-pengantin


Writer: dr. Devina Nataliany

Editor: Lentera

Comments


bottom of page