Rumah Sakit Darmo Laksanakan Imunisasi Program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional)

Diperbarui: 15 Sep




Surabaya, 19 Agustus 2022 - Rumah Sakit Darmo dalam rangka mendukung program (BIAN) Bulan Imunisasi Anak Nasional mengadakan imunisasi kejar yang dibagikan pada anak usia dibawah 5 tahun yang belum lengkap vaksinasinya dan imunisasi MR atau Campak Rubella. Imunisasi Program BIAN ini diberikan secara gratis yang dimana vaksin tersebut didapat dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Proses pemberian imunisasi tersebut dilakukan di Darmo Children Center (DCC).


Imunisasi yang tersedia adalah MR atau Campak Rubella yang diberikan pada anak usia 9 sampai 59 bulan tanpa melihat status imunisasi yang telah diterima sebelumnya (baik itu sudah pernah menerima vaksin tersebut atau belum pernah menerima vaksin tersebut). Untuk imunisasi kejar yang diberikan pada anak usia 12-59 bulan dengan skrining terkait status imunisasi yang belum lengkap di mana kami telah menyediakan vaksin IPV atau polio injeksi, OPV atau polio tetes, dan DPT-HB-Hib.


Imunisasi MR atau Campak Rubella merupakan vaksin yang dapat mencegah penyakit campak dan rubella, yang mana sejak tahun 2017 vaksin MR telah masuk menjadi program imunisasi nasional. Untuk imunikasi kejar merupakan vaksin yang belum lengkap atau imunisasi menyusul atau tertunda. Vaksin IPV atau polio injeksi serta OPV atau polio tetes merupakan vaksin yang dapat mencegah penyakit polio yang pemberiannya dilakukan melalui tetes atau injeksi. Vaksin DPT merupakan vaksin yang dapat mencegah penyakit seperti difteri, pertusis, dan tetanus. Vaksin Hib ini dapat melindungi anak dari bakteri Haemophilus influinzae Tipe B (Hib) yang dapat menyebabkan radang otak atau meningitis. Untuk vaksin HB merupakan vaksin yang dapat mencegah penyakit hepatitis B.


Program BIAN ini masih berlangsung sampai tanggal 31 Agustus 2022. Adapun syarat untuk dapat menerima imunisasi program BIAN antara lain yaitu membawa buku KIA (Kartu Identitas Anak) dan foto copy KK (Kartu Keluarga). Rumah Sakit Darmo berharap dengan adanya imunisasi program BIAN dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi dan meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.





#bian #imunisasianak #infokesehatan #beritakesehatan #kesehatananak #imunisasi #campak #rubella

5 tampilan